8 Jenis Makanan Yang Meningkatkan Imunitas Tubuh, Dapat Menangkal Virus Corona

Itulah juga mengapa puasa sangat baik untuk pasien-pasien dengan diabetes, tuberculosis, dan penyakit metabolik lainnya,” ujar dr. Kathi Swaputri Kancana, Sp.PD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Bekasi Utara. Menanggapi hal tersebut, Miftahul Jannah salah seorang dewan guru MTsN 10 HSS mengatakan, pihaknya akan mematuhi Prokes dan tetap menjaga imun tubuh serta memantau kondisi tubuh pasca vaksin. Bisnis.com, JAKARTA – Sistem imun yang baik akan membuat tubuh sehat dan tidak mudah terserang penyakit dan virus corona (Covid-19).

Hal ini berarti bahwa jika seseorang terpapar suatu patogen berbahaya di masa depan, sistem imun orang tersebut akan mampu segera merespons, sehingga memberikan perlindungan terhadap penyakit. Kelompok pertama yang disebut di dalam surat edaran tersebut adalah kelompok lansia, yang dikatakan dapat menerima Vaksin Sinovac sebanyak dua dosis, dengan rentang pemberian 28 hari di antara kedua dosisnya. Namun, seiring dengan selesainya uji klinis Vaksin Sinovac di Brazil dan Turki yang mana turut melibatkan responden lansia, BPOM dan Kemenkes pun turut mengevaluasi kebijakan pemberian Vaksin Sinovac untuk lansia. Vaksinasi Covid-19 dilakukan setelah kepastian keamanan dan keampuhannya ada, merupakan upaya untuk menurunkan kesakitan dan kematian dan mendorong terbentuknya kekebalan kelompok . Selain itu, vaksinasi Covid-19 bertujuan untuk melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh, juga menjaga produktivitas dan mengurangi dampak sosial dan ekonomi masyarakat.

Pada kasus yang langka, vaksinasi dapat memunculkan efek samping cukup serius. Tercatat bahwa hanya sekitar 1-2 kasus efek samping berat yang ditemukan, dari 1 juta vaksin yang disuntikkan. Vaksin toksoid biasanya menggunakan toksin dari bakteri atau virus yang menyebabkan penyakit. Mekanisme vaksin ini menciptakan kondisi yang mirip dengan infeksi sebenarnya. Maka itu, vaksin ini berguna untuk mencegah dan menciptakan respon imun yang sangat kuat dan jangka panjang. Vaksin hidup adalah metoe vaksinasi yang berisi bentuk virus atau bakteri dilemahkan.

Beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa faktor lingkungan berperan sangat penting dalam perkembangan komponen sistem imun, terutama komponen yang bertanggung jawab terhadap pertahan tubuh dalam jangka yang panjang. Orang kembar yang memiliki komponen tubuh yang seharusnya bekerja identik pun akan memiliki kemampuan pertahanan tubuh yang berbeda bila lokasi tinggalnya berbeda. Komponen sistem imun yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan ini bereaksi lebih lambat dalam menghadapi mikroba, bakteri, jamur, virus. Tetapi kemampuannya dalam mengeliminasi lebih spesifik, dan lebih bertahan lama . Jika virus sudah masuk mengineksi ke dalam sel inang, sel-sel sistem imun tidak dapat “melihat” atau mendeteksi keberadaan virus tersebut sehingga tubuh tidak tahu jika sel inang telah terinfeksi. Untuk mengatasi hal tersebut, sistem imun memiliki suatu metode yang mampu memperlihatkan apa yang ada di dalam suatu sel dengan menggunakan suatu molekul protein yang dinamakan MHC kelas I .

Vaksin yang baik untuk membantu imunitas tubuh kita

Saat patogen menginfeksi tubuh, sistem imunitas tubuh akan membentuk antibodi untuk melawan patogen. Oleh karena itu, terdapat ribuan jenis antibodi di dalam tubuh yang terbentuk berdasarkan antigen patogen yang menyerang. Tiap antibodi tersebut terlatih untuk mengingat setiap antigen secara spesifik. Sedangkan, vaksin sendiri merupakan zat aktif pada virus atau bakteri yang dapat menimbulkan reaksi sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus atau penyakit tertentu. Kebanyakan vaksin dimasukkan ke dalam tubuh dengan cara suntikan, tetapi ada pula yang diberikan melalui mulut , maupun semprotan ke hidung. Selain itu, terdapat pula istilah imunisasi yang berarti reaksi dari tubuh setelah mendapatkan vaksin.

Oyumi