Konsumsi Suplemen Tetap Disarankan Meski Sudah Vaksinasi

Vaksin baru juga menghasilkan respons imun yang masif, sehingga virus korona mungkin memerlukan banyak mutasi selama bertahun-tahun sebelum vaksin harus disesuaikan, kata Dr. Bedford. Penghapusan genetik baru mengubah protein lonjakan di permukaan virus korona, yang dibutuhkan untuk menginfeksi sel manusia. Varian virus dengan penghapusan ini muncul secara independen di Thailand dan Jerman pada awal 2020, dan menjadi lazim di Denmark dan Inggris pada Agustus. “Jadi akan kita lihat untuk peserta BPJS teruama untuk penerima bantuan iuran BPJS sudah masuk kedalam kelompok penerima vaksin yang telah dibiaya pemerintah,” ujarnya. Selain itu, Ia mengatakan bahwa untuk pemberian vaksin biasanya untuk satu orang minimal dua kali dengan rentang waktu suntikan pertama dan kedua berjarak dua minggu atau 14 hari.

Vaksin ini dapat membantu tubuh untuk mengembangkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan resiko berkembangnya gejala penyakit COVID-19. Dengan menerima vaksinasi, kamu juga membantu melindungi orang-orang di sekitar kamu. Vaksinasi Covid-19 diberikan untuk membantu melindungi tubuh dari serangan virus corona. Vaksinasi atau imunisasi bertujuan untuk membuat sistem kekebalan tubuh seseorang mampu mengenali dan dengan cepat melawan bakteri atau virus penyebab infeksi. Tujuan yang ingin dicapai dengan pemberian vaksin COVID-19 adalah menurunnya angka kesakitan dan angka kematian akibat virus ini. Sekali vaksin masuk dalam tubuh, umumnya tubuh mampu menghasilkan sistem kekebalan tubuh melawan penyakit dalam jangka waktu beberapa tahun, puluhan tahun, bahkan seumur hidup.

Oleh karena itu, masyarakat harus bisa menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh dengan konsumsi nutrisi sehat, rutin olahraga serta memenuhi kebutuhan vitamin yang baik untuk tubuh seperti vitamin C, B, E dan Zinc. Dengan pertimbangan tadi, PT Kalbe Farma Tbk melalui Kalbe Ethical Customer Care menghadirkan layanan suntik sehat. “Layanan Suntik Sehat hadir untuk memberikan pilihan bagi pelanggan yang ingin mendapatkan multivitamin dengan lebih mudah,” imbuh Head of Kalbe Ethical Customer Care PT Kalbe Farma Tbk dr. Selvinna.

Selain meningkatkan respon imun humoral dan seluler, ekstrak dan senyawa filantin dalam meniran mampu menghambat migrasi leukosit yang penting untuk meredakan proses inflamasi . Efikasi meniran sebagai imunostimulan juga sudah dibuktikan pada uji klinis dalam konteks penyakit hepatitis B kronis, TBC paru-paru, vaginitis, dan juga pada cacar air . Bagaimanapun efikasi dan mekanisme terkait efek immunostimulan dari meniran masih memerlukan penelitian lebih lanjut, terutama pada level klinik dalam konteks Covid-19. Selain dengan mekanisme sitotoksik, sel inang yang terinfeksi virus tersebut akan memproduksi dan melepaskan molekul protein yang disebut Interferon menghambat replikasi virus di dalam sel inang.

Sedangkan untuk gejala ringan atau Orang Tanpa Gejala , ia mengatakan, jumlah antibodi cenderung sedikit dan lebih cepat turun. Jenis vaksin tersebut secara keseluruhan masih dalam tahapan uji klinik tahap tiga atau telah selesai uji klinik tahap ketiga. Hal ini menyebabkan penggunaan vaksin tersebut penggunaannya hanya dapat dilakukan setelah vaksin tersebut mendapat izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan .

Vaksin yang baik untuk membantu imunitas tubuh kita

Contoh subtansi asing yang berasal dari luar tubuh misalnya bakteri, virus, parasit, jamur, debu, dan serbuk sari. Sedangkan substansi asing dari dalam tubuh dapat berupa sel-sel mati atau sel-sel yang berubah bentuk dan fungsinya. Karena itu, disarankan untuk mengonsumsi makanan penambah kekebalan untuk mendukung pemulihan yang cepat setelah disuntik vaksin Covid-19.

Maka sambil menunggu antibodi terbentuk sesorang yang telah melakukan vaksin harus tetap menerapkan 3M yakni menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan serta mrnghindari kerumunan. Semakin banyak orang yang divaksin akan membantu membangun “payung kekebalan” yang semakin lebar untuk membantu meminimalisir penyebaran infeksi di wilayah tersebut. Pemberian vaksin juga biasanya direkomendasikan saat tubuh dalam keadaan match, tidak sedang sakit untuk menghindari risiko efek sampingnya. Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya konsultasi dulu ke dokter sebelum mendapatkan vaksin.

Vaksin juga berisi stabilisator untuk mencegah reaksi kimia yang terjadi saat vaksinasi dan menjaga agar komponen vaksin tidak menempel pada botol vaksin. Sedangkan, surfaktan dalam vaksin akan menjaga bahan-bahan dalam vaksin tercampur menjadi satu serta mencegah pengendapan dan penggumpalan. Di sisi lain, vaksin juga memuat bahan-bahan residu sebagai akibat dari proses produksi vaksin. Bupati juga mengingatkan masyarakat untuk menerapkan prokes ketat melalui gerakan 5M. Yaitu, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Oyumi