Menabung

Menekan biaya transportasi harian ke arah yang lebih murah secara tidak langsung dapat membantu anak mama belajar menabung. Sarapan pagi juga bisa mengurangi keinginan untuk jajan sembarangan yang kurang sehat dan lebih menghargai keuangannya. Ketika kamu sduah memiliki catatan pengeluaran, kamu pun bisa menentukan jumlah tabungan kamu. Pisahkan dulu kebutuhan-kebutuhan pokok kemudian lihat sisa uang yang kamu punya. Jumlah tabungan yang ideal adalah % dari pemasukan kamu per bulan. Prinsip yang ketiga ini melatih kamu untuk membangun sebuah kebiasaan untuk menabung.

Anda bisa memangkas waktu lebih singkat dengan memasukkan sebagian THR ataupun bonus tahunan ke tabungan tersebut. Meski tahun ini batal, keinginan untuk melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci tentunya tak pernah padam. Namun, perlu diingat bahwa untuk melaksanakan ibadah haji tak hanya butuh persiapan psychological, namun juga finansial.

Kecenderungan itu, lanjutnya, dimanfaatkan oleh pelaku industri keuangan untuk menggaet nasabah baru. “Statement yang kami tes adalah dalam kondisi pandemi ini menjadi saat yang tepat untuk investasi ternyata cukup tinggi jumlah responden yang setuju ada fifty three persen,” ucapnya. Mau Kamu pakai trik atau cara apapun, yang paling penting dari semuanya itu Kamu kudu konsisten. Jalankan semua rencanamu, sekali Kamu tidak melakukannya, maka segala rencanamu akan berantakan. Percayalah jikam melakukan dengan konsisten maka akan berjalan sesuai dengan niat awalmu liburan ketempat impianmu.

Saat Kamu membuka rekening di awal, pasti Kamu ditawari semacam tabungan berjangka yang dipotong otomatis dari rekening Kamu. Uang yang sudah kepotong nggak bisa diambil tiap saat seenakmu. Bagus tuh biar nggak kegoda habisin duit buat keperluan yang sebenernya nggak penting-penting banget. Kartu kredit dapat menyabotase penabung terbaik, menurut pemilik Dallas Mavericks, Mark Cuban. Kalo kamu termasuk orang yang sulit menabung, bikin dua rekening adalah solusi yang pas.

Memberikannya informasi seputar uang dan penggunaannya secara perlahan akan membuatnya paham tentang uang. Caranya mirip dengan menabung biasa, kamu cuma perlu menyisihkan uang setiap bulan untuk ditabungkan ke reksadana. Misalnya, ada satu celengan khusus untuk menabung sehari-hari, dan ada satu celengan yang digunakan untuk menabung barang yang ingin dibeli dalam waktu dekat. Nggak perlu enggan untuk memiliki asuransi swasta atau menjadi anggota BPJS, karena tiap fasilitas yang disediakan pasti akan membantu kamu. Ada baiknya kamu segera memiliki asuransi dari sekarang, karena semakin muda usiamu memiliki asuransi, maka premi bulanan yang harus dibayarkan akan semakin kecil. Dilihat dari jangka panjangnya, tabungan biasanya hanya untuk jangka pendek, yaitu kurang dari 1 tahun.

Tips untuk menabung

Misalnya, kamu berhutang untuk membeli baju, tas, atau topi demi gaya hidup yang terlihat mewah, namun hal tersebut tidak memberikan penghasilan untukmu. Jika kamu terus melakukan hutang konsumtif, maka hal itu hanya akan membuat keuangan mu semakin tipis. Utamakan untuk membayar dan melunasi hutang serta cicilan apabila kamu memilikinya.Karena jika kamu mengabaikan hal tersebut, maka itu akan menjerat kamu di kemudian hari. Dan akhirnya akan mengganggu kamu dalam mengatur keuangan pribadi.

Dengan cara ini uang tabungan Anda tidak akan terpakai, selama Anda juga mematuhi anggaran yang dibuat. Makanya, penting banget mengetahui tips menabung untuk mahasiswa biar nggak bokek terus tiap tengah bulan. Dilansir dari Kompas.com, saat pernikahan diadakan di luar jam kerja, akan dikenakan biaya KUA sebesar Rp600 ribu.

Jika uang Anda sudah menjadi emas, Anda juga perlu usaha lebih untuk bisa mencairkannya jika hendak membelanjakannya untuk sesuatu yang Anda inginkan. Ajak pasangan atau teman belanja yang bisa menahan Anda untuk tidak berbelanja secara “hedon”. Uang yang seharusnya dialokasikan untuk keperluan dan kebutuhan termasuk untuk menabung, malah digunakan untuk membiayai pembelian barang-barang konsumtif pemuas hawa nafsu. Jika sifat konsumtif masih melekat, bagaimana Anda bisa menabung?

Untuk kamu yang masih pemula dan baru membiasakan diri menabung ini dia langkah yang bisa kamu coba! Tetapkan deadline waktu mewujudkannya, dan hitung juga perkiraan inflasi. Bukan hanya anak kecil saja, melainkan anak remaja hingga orang dewasa sering kali tergoda untuk menggunakan uang tabungan mereka ketika melihat benda atau barang yang mereka sukai. Untuk hal ini, Anda bisa meminta bantuan orang lain, seperti orang tua, kakak, nenek, kakek, atau lainnya supaya mau menyimpan tabungan milik Anda. Dengan begitu, Anda bisa lebih mengendalikan keinginanan Anda untuk membeli barang yang sebetulnya tidak terlalu penting. Agar memiliki dana yang cukup di usia senja, Anda harus bisa menerapkan tips menabung uang dengan baik.

Oyumi