Suggestions Menabung Untuk Pelajar

Pokoknya, kamu harus bisa mengumpulkan uang sampai kamu memiliki cukup uang untuk menutupi biaya hidup selama enam bulan ke depan. Hal ini bertujuan agar kamu mempunyai dana darurat ketika sewaktu-waktu kamu membutuhkannya. Kini tersedia berbagai jenis motor dengan kisaran harga yang bervariasi, mulai dari motor sport hingga motor matik yang memiliki kelebihan dan fungsi yang berbeda-beda. Sebagai langkah pertama, lakukan survey dan perbandingan terkait jenis dan harga motor di pasaran. Pastikan juga untuk mempelajari spesifikasi dari unit motor yang diinginkan agar sesuai dengan kebutuhan dan kesiapannya untuk menabung.

Yaitu, menyisihkan 50% dari uang yang dihasilkan untuk menabung, kebutuhan bulanan, dan bahan makanan. Lalu, 30% untuk pembelian gaya hidup, seperti pakaian baru, dan 20% persen untuk kegiatan yang menyenangkan, seperti konser atau makan di luar. Dalam perhitungannya semakin besar pendapatan maka semakin besar juga persentase pendapatan yang di tabung.

Selain itu, dengan mengetahui target tabungan yang harus dikumpulkan, kamu pasti akan lebih bersemangat untuk menabung. Sebelumnya, kamu pasti sudah menentukan merek mobil yang ingin kamu beli berdasarkan pertimbangan kelebihan dan kekurangannya. Biasanya anniversary dan ulang tahun merupakan perayaan yang juga akan dihiasi oleh kehadiran kado. Namun, karena kamu dan pasangan sedang hemat, kalian nggak wajib kok memberi hadiah. Uang yang seharusnya untuk membeli hadiah bisa dikumpulkan untuk membeli seserahan.

Jangan menunggu dari sisa gaji karena biasanya tidak sesuai kenyataan. Inginnya menabung, tetapi lihat pakaian, sepatu, tiket murah, menabung hanya sekadar angan-angan. Hal yang penting yaitu komitmen dan disiplin menyisihkan uang setiap bulan, atau kalau perlu setiap hari.

Sejak kecil, Sahabat Fimela mungkin sudah diajari untuk menabung sejak kecil. Namun, seiring usia dan kebutuhan bertambah, menabung ternyata tidak lagi menjadi hal yang mudah untuk dilakukan. Memasang goal pengeluaran juga bagus untuk kamu yang sedang niat menabung. Misalnya saja, kamu bertekad nggak akan menghabiskan uang lebih dari Rp200 ribu selama sepekan. Dengan demikian, kamu nggak bakal menghamburkan uang untuk hal-hal remeh. Cara ini akan mengasah mental sekaligus juga berpotensi untuk mendapatkan keuntungan.

Tips untuk menabung

Sesuai dengan idiom ‘mengencangkan ikat pinggang’, dalam mempraktikkan disiplin menabung kamu harus bisa menahan diri untuk membelanjakan uang. Agar bisa mencapai target, kamu harus disiplin untuk mengalokasikan uang sesuai dengan jumlah yang telah ditetapkan. Sehingga selisih biaya makan siang tersebut dapat disimpan untuk masuk ke tabungan. Tips ini menjadi yang lebih mudah karena selisih biaya membeli makan siang di kantor dengan memasak bekal sendiri cukup besar. Tips menabung harian yang bisa dilakukan salah satunya adalah dengan membawa bekal. Kemudian saat mulai longgar keuangannya, hindari menumpuk hutang berbunga tinggi, terutama kartu kredit.

Oyumi