Tips Menabung Agar Siap Menghadapi Resesi

Nah, dengan menabung kita belajar untuk menghargai dan bersyukur atas setiap hal yang kita terima. Kita juga belajar untuk menjalani proses – mengumpulkan setiap keping uang receh hingga jumlah nominalnya cukup besar. Tarikan otomatis ini untuk menghindari dana terpakai di pos pengeluaran lain, dan memastikan dana pembelian rumah selalu bertambah setiap bulan. Tips pertama, gaji dan THR tahun ini tampaknya tidak berbeda jauh pembayarannya oleh pemberi kerja kita. Karena itu, segerakan membayar cicilan dan tunggakan dari gaji, sehingga THR terkesan tidak tersentuh oleh kebutuhan rutin yang harus kita bayarkan setiap bulan. TRIBUNNEWS.COM – Berikut ini cara menabung dengan benar, tetapkan tujuan menabung terlebih dahulu.

JAKARTA – Dalam pengelolaan keuangan, tentu terdapat banyak hal yang harus Anda perhatikan selain pengeluaran rutin dan tabungan, yaitu persiapan dana darurat dan investasi . Dana darurat dan investasi sendiri merupakan pos yang penting untuk menjadi sumber dana dalam mengatasi hal tak terduga di masa depan, meskipun seringkali terlupakan. Jika melihat besarnya jumlah dana pendaftaran haji, tentu saja hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan perencanaan keuangan dengan baik. Jika Anda tidak memiliki dana tunai yang bisa dialokasikan langsung, maka menabung secara berkala di tabungan rencana haji.

Hal ini penting dilakukan agar Anda bisa mengetahui secara pasti kemana uang Anda mengalir selama ini. Jangan-jangan, dibanding kebutuhan utama, uang Anda justru banyak dihabiskan untuk kebutuhan-kebutuhan yang tidak penting. Buatlah urutan skala prioritas dari tujuan penggunan uang Anda. Jika berniat menabung, maka mulailah masukan kegiatan menabung sebagai prioritas. Jadi jika aktivtas menabung sudah menjadi prioritas, maka tidak ada lagi alasan untuk tidak menabung. Terdapat banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari kebiasaan menabung.

Namun trik ini cukup bekerja untuk menahan hawa nafsu untuk nggak beli-beli barang nggak penting selama menabung. Coba untuk buka satu rekening yang khusus untuk menabung, dan nggak perlu didaftarkan m-banking. Asalkan Parent Pinters cermat mengatur keuangan, gaji bulanan yang senilai UMR masih dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari sekaligus menabung dan berinvestasi. Oleh karena itu, penting untuk membuat beberapa tujuan menabung, mau diapakan uang ini jika sudah terkumpul. Kamu harus memiliki goal yang jelas dan cara untuk merealisasikannya.

Mulai sekarang, kamu harus lebih telaten memangkas pengeluaran yang tidak penting supaya bisa memiliki sisa uang untuk ditabung. Ketika baru mendapatkan pemasukan, utamakan kebutuhan rutin terlebih dahulu, misalnya kebutuhan rumah tangga, pembayaran tagihan , biaya sekolah anak, dan lainnya. Jadi, supaya goal menabung tidak gagal, yang harus Anda lakukan adalah membangun sistem menabung otomatis. Di rekening gaji ataupayroll account, Anda bisa mengaktifkan fitur autodebet ke rekening khusus tabungan. Sebagai contoh, selama ini Anda mendapatkan switch gaji pada tanggal 25 setiap bulan. Agar langkah menabung menjadi otomatis, aktifkan saja fitur autodebet setiap tanggal 26 ke rekening khusus tabungan atau investasi.

Persiapkan juga dana lebih sebesar 10% dari harga awal motor incaranmu untuk mengantisipasi masalah yang dapat timbul di tengah proses menabung. Anda dapat menggunakan uang tabungan anda untuk membeli barang atau hal yang sangat anda inginkan. BERITA DIY – Jika anda termasuk orang yang menerima gaji di awal bulan.

Buat tujuan kamu menabung dan jumlah uang yang harus ditabung sebagai motivasi agar makin semangat untuk menabung. Untuk kamu yang ingin menabung dengan aman, sekarang buka tabungan BNI bisa dilakukan dengan mudah. Hanya dengan memberikan foto selfie, kamu bisa membuka tabungan. Agar bisa berhemat, kamu juga bisa memanfaatkan promo-promo yang ada. Dengan BNI Poin Plus, kamu bisa mendapatkan voucher belanja untuk membeli kebutuhan pokok, makanan dan minuman, barang-barang hobi, dan lainnya.

Namun dengan memiliki bisnis sampingan, kita pun bisa mendapatkan pemasukan sampingan yang besar. Biasakanlah untuk melakukan negosiasi atau tawar-menawar agar apa yang kita dapatkan bisa sesuai dengan ekspektasi, dan nantinya kita pun bisa makin semangat dalam bekerja. Hidup tentunya penuh dengan risiko yang dapat mengganggu kestabilan keuangan kita dan membutuhkan pengeluaran mendadak yang besar.

Hal ini penting supaya kamu jadi terbiasa dan dapat melakukannya secara konsisten. Sebelum melakukan kegiatan apapun, kamu harus mengecek isi dompet dan mengambil nominal terkecil di dalamnya, lalu menabungkannya. Jelas ini konsep yang salah, mengingat kegiatan menabung harus masuk dalam anggaran dasar. Caranya, saat mendapatkan gaji bulanan, sisihkan uang setidaknya 10% dari total gaji tersebut, kemudian simpan sebagai tabungan.

Tips untuk menabung

Sementara itu untuk jangka panjang, tempatkan di instrumen yang bisa memberikan imbal hasil tinggi meski fluktuasinya sedikit lebih tinggi. kredit untuk beli rumah, atau mencicil aset lain yang bisa mendatangkan penghasilan pasif bagi kita. Lantas bagaimana jika pengeluaran bulanan kita terlalu besar, sehingga sulit untuk menyisihkan dana untuk menabung? Dengan menyisihkan di awal, akan mengurangi risiko godaan untuk menggunakan uang. Berbeda halnya jika kita menyisakan, maka nilai tabungan tidak akan konsisten dan bisa jadi kita tergoda untuk menggunakan uang di luar anggaran awal. Jika memiliki penghasilan yang tidak tetap, kamu bisa memberikan nilai rata-rata yang cukup stabil sebagai estimasi.

Oyumi