Ubah Kebisaanmu, Berikut Cara Hidup Hemat Agar Bisa Menabung

Si ibu C selalu ikut-ikutan membeli bakso ketika ibu D yang tinggal di seberang jalan sedang membeli bakso. Hanya saja, hindarilah bergaul terlalu dekat dengan ibu-ibu semacam ini jika tak ingin terpengaruh gaya hidup mereka dan kembali gagal menabung. Kaum perempuan dapat menjadi seorang shopaholic, dan sekaligus si pemboros, manakala mereka mengalami stres akibat pekerjaan maupun masalah keluarga. Perempuan dengan karakter temperamental mudah mengalami hal ini, dan akibatnya mereka juga sulit menabung.

Tips menabung berikutnya adalah tentukan prioritas kebutuhan Anda. Jika suatu saat Anda mengalami darurat ekonomi barulah Anda bisa menggunakan tabungan ini. Jika anak mama menyadari bahwa menabung dari uang jajannya sangat penting untuk dilakukan, secara tidak langsung dirinya akan berusaha sebisa mungkin untuk terus belajar berhemat.

Uang kamu tidak hanya ditabungkan saja, namun kamu dapat merasakan bunga dari hasil investasi tersebut. Jangan terlalu sering menghabiskan waktu dengan teman yang memiliki gaya hidup boros dan berlebihan. Tantangan menabung akan sangat bermanfaat untuk mengendalikan pengeluaran dan menciptakan kebiasaan menabung secara teratur. Setiap hari kamu coba cek dompet, lihat uang kertas kamu dengan nominal terkecil dan tabungkan uang tersebut. Nah, belajar dari pepatah tersebut coba kamu kumpulkan setiap uang receh yang didapat dan ditemukan dalam tas, saku, ataupun dompet setiap harinya.

Tips untuk menabung

Hal ini sangat layak dilakukan karena tanpa adanya tabungan pensiun yang cukup, masa pensiun kamu akan menjadi mimpi buruk yang menakutkan. Semakin sedikit kamu menabung di akun pensiun perusahaan semakin kamu harus menabung secara pribadi. Banyak hal yang dapat mempengaruhi seberapa banyak jumlah yang harus kamu tabung, dan berapa banyak dana yang kamu harapkan saat pensiun. Dalam hal ini millennial harus mulai menabung pada usia 25 tahun untuk dapat pensiun dengan nyaman pada usia 65. Secara tidak langsung itu dapat memotivasi untuk lebih rajin menabung. Karena akan semakin sulit bagi kamu untuk menabung bila di sisi lain kamu harus menutup tagihan demi tagihan dari utang yang kamu ciptakan.

Namun bukan berarti Anda yang memiliki pemasukan pas-pasan tidak dapat menyisihkan uang. Dengan membatasi akses ke uang, rekening tabungan dapat memberi Bunda tingkat bunga yang lebih tinggi juga. Buka rekening khusus untukmenabung rutin, jika perlu tidak usah membawa kartu ATM-nya saat bepergian, Bunda. Pintek merupakan perusahaan teknologi finansial ( Peer-to-Peer Lending ) yang memiliki misi mendorong transformasi pendidikan melalui inovasi layanan keuangan. Dengan layanan ini, Pintek berkomitmen untuk menjadi roda penggerak perkembangan pendidikan Indonesia.

Namun meskipun gaji dipotong atau jumlahnya tidak sesuai dengan sebelum pandemi. Selain menyisihkan uang untuk menabung, mulailah untuk berinvestasi. Investasi juga bisa menjadi cara cerdas untuk meningkatkan penghasilan tanpa harus bekerja keras. Jika Anda berhasil menemukan aset yang bernilai dan berpotensi untuk terus tumbuh, Anda bisa mendapatkan pasive revenue. Dengan melakukannya, Anda bisa menabung lebih banyak dan mencapai tujuan keuangan lebih cepat.

Oyumi